Jumat, 22 November 2019

Kursus Ketrampilan Usaha Yang Menjanjikan

Jumat, 22 November 2019

Suasana antrian pencari kerja_Kursus Ketrampilan Wira Usaha
Suasana antrian pencari kerja di salah satu perguruan tinggi. Kursus Ketrampilan Wira Usaha bisa berperan membantu mengurangi fenomena seperti ini

Pengadaan Kursus dan pelatihan ketrampilan wira usaha yang menjanjikan oleh Sanggar Berani Usaha dilatarbelakangi oleh kondisi real kurangnya daya tampung lapangan kerja apabila dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja yang tersedia, menyebabkan banyak individu dalam usia produktif tetap bertahan dan mati suri dalam golongan 'pencari kerja'. Secara intelektual dan kreatifitas mereka mampu ( bangsa kita adalah salah satu bangsa paling kreatif di dunia), pemerintah juga tak henti-henti mendorong mereka menjadi pelaku wira usaha melalui berbagai stimulus di berbagai bidang, bahkan kini hampir semua perguruan tinggi mewajibkan mata kuliah  kewirausahaan dalam kurikulum mereka. Namun, jumlah pelaku sektor wira usaha  tetap tak beranjak dari angka 1%. Padahal, menurut para pakar, dengan jumlah pelaku wira usaha pada kisaran angka 4% dari total penduduk, maka sudah makmur negeri ini.

Berdasar pengamatan, masih tingginya keengganan (baca: ketidakberanian) angkatan kerja untuk memulai usaha secara mandiri disinyalir muncul karena beberapa hal:

1. Pengetahuan yang tidak memadai, termasuk dalam golongan ini adalah ketiadaan ketrampilan yang menunjang untuk terjun di bidang wirausaha. Faktor latarbelakang pendidikan formal yang bersifat umum dan setengah-setengah menjadi alasan yang mendasari banyaknya fenomena ini.

2. Ketakutan modal. Alasan klasik dan kekhawatiran yang selalu muncul. Disatu sisi banyak pelaku wira usaha sukses yang berangkat dengan modal dengkul. Modal sangat penting bagi wira usaha, namun bukan yang utama. Kemauan dan rajin membaca peluang adalah lebih penting. Banyak pihak yang akan membantu apabila kemauan dan peluang usaha berhasil didapatkan.

3. Stereotip Wira usaha adalah kerja sampingan. Berkarya sebagai pelaku wira usaha adalah kerja tidak pasti dan tidak menjamin masa depan. Sebuah pandangan yang muncul pada tipikal bangsa terjajah. Nenek moyang kita mewariskan golongan bangsa pejuang dan pekerja keras. Banyak sudah contoh pelaku wira usaha yang sukses yang berhasil membuktikan bahwa wirausaha adalah sebuah profesi mensejahterakan dengan cara bekerja keras, membekali diri dengan ketrampilan yang dibutuhkan dan mengelola setiap peluang yang muncul dengan sungguh-sungguh.

Kursus dan Pelatihan ketrampilan wirausaha yang menjanjikan adalah salah satu pilihan yang dapat membantu anda untuk membuka wawasan, dan  memulai usaha dengan bekal ketrampilan untuk bisa menangkap peluang usaha yang ada.

Show comments
Hide comments