Jumat, 22 November 2019

Kontribusi dan Peluang bagi Wirausaha

Jumat, 22 November 2019

kontribusi dan peluang wira usaha
Made in Indonesia. Peluang bagi wira usaha sekaligus kontribusi bagi perekonomian tanah air


Sebenarnya keinginan dan semangat wira usaha itu sudah ada di banyak masyarakat kita. Daya beli masyarakat kita sebenarnya juga tinggi. Banyak peluang usaha yang muncul yang bisa digarap dari kondisi yang ada.  Di satu sisi, peluang kerja formal semakin sedikit, ini akan menjadi peluang bagi wira usaha.

Ketika negeri ini memasuki perdagangan bebas dunia dan totally ikut arus liberalisasi dunia, maka untuk menjadi bangsa yang berdaulat dan selamat dari serangan ekonomi asing, mau tidak mau  sektor perdagangan dan industri dalam negeri harus diperkuat. Kita harus ciptakan sendiri, beli dari kita sendiri dan juga jual ke orang asing. Kita harus mempertebal identitas bangsa sendiri dengan menciptakan produk berkarakter bangsa sendiri.

Pemerintah menyadari dan mendorong setiap warganya untuk terjun di bidang wirausaha dengan membentuk kementrian khusus dan memberikan kemudahan di bidang permodalan dan regulasi. Ketika krisis ekonomi dunia mendera berapa tahun belakangan, terbukti sektor wira usaha, khususnya Usaha kecil dan menengah (UMKM) yang telah menyelamatkan perekonomian negeri ini.

Otoritas pendidikan, tempatnya orang pintar berada, dan sebagai pencetak angkatan kerja  memahami kondisi itu dan sudah memasukan kurikulum wirausaha disetiap programnya, bahkan beberapa perguruan tinggi memberikan fasilitas kredit permodalan dan mensyaratkan PKL bagi mahasiswanya. Tujuannya? Mendorong para lulusan perguruan tinggi untuk menjadi pelaku usaha.

Berani usaha dengan terjun di bidang wira usaha akan menjadi solusi positif dengan cara  menangkap setiap peluang usaha yang muncul dari kondisi real yang ada di masyarakat. Mengikuti kursus pelatihan ketrampilan usaha yang disesuaikan dengan kebutuhan real dunia usaha adalah bekal berharga untuk memulainya.

Show comments
Hide comments